Langsung ke konten utama

Kuy.. ketahui salah satu Gangguan Tidur Berikut!

Broo lu susah tidur nih? apa karna Masi mikirin doi _- hehehe bisa jadi brooo lu lagi kelingan + insomnia, apaan si tu insomnia? Naah buat kalian nii yg gk tau
 insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang paling umum terjadi dan kemungkinan besar disebabkan karena adanya rasa khawatir dan tekanan jiwa. Nah, selain insomnia, ternyata masih banyak loh jenis gangguan tidur lainnya. Penasaran? Let’s check it out!



Insomnia

Insomnia adalah gangguan kesulitan tidur atau bangun terlalu cepat yang dialami seseorang secara terus-menerus. Insomnia berhubungan dengan keletihan, perubahan makanan, dan pemakaian obat yang berlebihan. Ada tiga jenis insomnia:
  • Inisial insomnia: ketidakmampuan individu untuk mengawali tidur
  • Intermiten insomnia : selalu terbangun pada malam hari karena ketidakmampuan tetap tidur
  • Terminal insomnia : ketidakmampuan tidur kembali setelah bangun tidur pada malam hari

Mimpi buruk dan teror tidur

Kedua gangguan ini memiliki gambaran klinis yang berbeda, yaitu:
  • Mimpi buruk 

Terbangun dari tidur dengan mimpi yang menakutkan yang bisa diingat kembali secara jelas dan detail, sadar dan mampu mengenali lingkungannya setelah terbangun dari mimpi yang menakutkan. Akibat mimpi dan tidur yang terganggu bisa menyebabkan penderitaan yang cukup berat bagi individu.
  • Teror tidur 
Gejala utamanya yaitu mulai dengan berteriak karena panik, kecemasan yang hebat, jantung berdebar-debar, dan berkeringat saat bangun dari tidur. Kondisi bisa berulang dan biasanya terjadi pada sepertiga awal tidur malam, ingatan pada kejadian sangat minimal dan terbatas serta tidak bereaksi terhadap berbagai upaya orang lain untuk memengaruhi keadaan teror tidurnya.
Nah, sekarang lu sekarang udah pada paham kan mengenai macam-macam gangguan tidur. Jika pernah menemukan gangguan tidur lainnya yang belum ada di atas, kalian bisa tuliskan di kolom komentar. :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu RapSouL x M.A.C - Sio sa sendiri

                          Sio sa sendiri Vers 1 :  Dari pertama sa bahagia Dan kini terjatuh Dari mimpi sa terbangun Sa bahagia lihat ko tersenyum ceria Sa bahagia walau kau bukan dengan sa Biar sa lupa do yang sudah lama, karna semua su hanyut ko yang bawa Sa tra papa jika harus begini Sa tra papa bila harus sendiri Sa pu bahagia sa su pernah kasih, Namun ko pergi tinggal Kan sejuta mimpi  Rap : Namun ko tlah pergi dan meninggalkan Sa sendiri sa berdiri tahan sakit paksakan ko Deng Dia ko tersenyum sa su bisa rela Kan Meski susah sa menahan pilu batin menekean Sa tra mau ko pu senyum pudar karna dong Sa pu mau kam dua bahagia tolong Biarkan sa terhanyut Deng sepi Deng mimpi ko su Bawa sa tapi ko pigi sa menepi Sa coba bertahan di hati yang bimbang di kala sedih saat ko pigi deng Dia tinggalkan Luka tra berharap lebih Biar sa Rawat Luka yg terlalu lama sa pendam sendiri mengejar rasa entah Kemana lagi akan sa cari Sekarang semua de Bawa sa cape untuk berjuang dan berlari Jadi di mana